Cara Memilih Karpet

28 Sep 2014

Cara Memilih Karpet - Membeli barang-barang untuk rumah kita bukanlah hal yang mudah karena kita harus memastikan kita akan mendapatkan barang yang mampu bertahan lama dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pekerjaan rumah kita terlebih dahulu sebelum kita pergi berbelanja. Apa pekerjaan rumah yang yang harus kita lakukan? Kita perlu melakukan riset tentang cara untuk memilih isi rumah kita dengan benar. Dengan cara ini, kita akan mendapat informasi mengenai barang-barang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan untuk rumah kita.
Hari ini, kami akan memberikan beberapa panduan sederhana dalam memilih dan membeli karpet untuk rumah Anda. Anda mungkin berpikir bahwa karpet merupakan barang sepele, tapi sebenarnya karpet dapat mempengaruhi tampilan rumah Anda. Model karpet saat ini juga sangat beragam. Karpet dapat menciptakan dampak maksimum di rumah Anda, menambah daya tarik visual dan juga dapat mempertegas suatu area. Jadi sebelum Anda membeli area karpet, bacalah beberapa tipsCara Memilih Karpetdi bawah ini :

Kebiasaan dekorasi
Ada pemilik rumah yang sering mengubah jenis dekorasi rumahnya dari waktu ke waktu. Jika Anda termasuk dalam tipe ini, maka tidak terlalu penting untuk membeli karpet yang mahal karena Anda tidak akan menggunakannya dalam waktu yang lama. Belilah karpet dengan harga yang lebih murah. Anda bisa mendapatkan karpet sintetis seperti yang terbuat dari polypropylene atau nilon. Anda juga dapat mencoba menggunakan karpet yang terbuat dari bahan biodegradable. Pilih karpet yang memiliki gaya yang indah dan memiliki warna yang sesuai dengan ruangan Anda.

Perhatikan kualitas
Kualitas selalu menjadi faktor utama. Pastikan karpet dipasang dengan baik. Jika Anda ingin mendapatkan karpet yang tahan lama, Anda dapat membeli karpet buatan tangan karena mampu bertahan lebih lama. Tapi tentu saja karpet tenun buatan tangan harganya lebih tinggi daripada karpet buatan mesin. Selain kualitas, Anda juga dapat memperhitungkan kenyamanan.Cara Memilih Karpet ini sangat penting terutama untuk anak-anak yang memiliki kulit yang masih sensitif. Pilih karpet yang nyaman dan tidak terlalu keras.

Sesuaikan ukuran
Karpet memiliki berbagai macam ukuran dari yang kecil hingga yang besar. Luas karpet ditentukan oleh besarnya ruangan dan juga kebutuhan. Perhatikan ukuran ruangan rumah Anda dan tempat di mana Anda akan menempatkannya. Jika Anda menggunakan karpet yang terlalu kecil, mungkin akan terlihat tidak serasi. Hal ini juga tidak dapat menjadi titik fokus ruangan Anda. Jika Anda akan mendapatkan area karpet yang sangat besar, mungkin hanya akan membuat ruangan terlihat ramai, bukan membuatnya menarik. Ukuran karpet tidak harus sama persis dengan ukuran ruangan. Anda bisa memasang karpet hanya untuk area tertentu saja, misalnya untuk area tempat duduk ruang tamu. Tentukan ukuran yang Anda butuhkan untuk ruang Anda dan cobalah untuk membayangkan bagaimana jika karpet itu berada di rumah Anda.

Pilih warna yang tepat
Tentu saja, karpet tersedia dalam berbagai macam warna. Ketika kitaCara Memilih Karpet untuk warnanya, pilihlah warna yang bisa berkoordinasi dengan dekorasi rumah Anda. Anda dapat menyesuaikannya dengan warna wallpaper dan barang-barang lain di ruangan. Tapi warna karpet tidak harus sama dengan warna dekorasi. Pilih warna yang mampu melengkapi desain interior rumah Anda. Selain itu, ingatlah bahwa karpet berwarna cerah akan membuat ruangan tampak lebih luas, sementara yang berwarna gelap akan membuat suasana yang nyaman dan juga bisa membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Pertimbangkan tekstur dan pola
Karpet memiliki tekstur dan pola yang bermacam-macam. Jangan asal memilih pola untuk karpet rumah Anda. Dapatkan pola yang cocok dengan pola-pola yang Anda gunakan di rumah Anda. Anda dapat menyesuaikannya dengan pola tirai, sofa atau dinding. Pastikan pola karpet yang Anda pilih serasi dengan dekorasi. Jika ruangan Anda sudah menggunakan dinding dengan pola, gambar, mural atau wallpaper, pilihlah karpet yang polos atau yang memiliki pola kecil dan sederhana. Jika ruangan menggunakan warna polos di sebagian besar area, maka karpet dengan pola besar dan meriah akan lebih cocok.

Bentuk karpet
Anda pasti sering melihat karpet dengan bentuk persegi, tapi karpet juga tersedia dalam bentuk-bentuk lainnya. Bentuk yang unik benar-benar terlihat manis. Jadi, jangan membatasi diri Anda dengan karpet persegi. Cobalah karpet berbentuk bulat, oval atau bahkan karpet yang memiliki bentuk yang lain daripada yang lain. Bahkan ada karpet yang berbentuk seperti mobil, bunga, binatang dan banyak lainnya. Cobalah berbagai bentuk sehingga Anda dapat menemukan bentuk karpet yang sesuai.

Bahan karpet
Dalam memilih karpet, perhatikan juga serat yang digunakan. Serat bisa berupa serat sintetis atau serat alami. Serat yang biasa digunakan sebagai bahan dasar karpet misalnya kapas, rami, rumput laut, sutra, dan wol untuk sisal serat alami. Untuk yang sintetis, misalnya nilon, poliester dan polipropilena. Bahan penyusun karpet akan menentukan kualitas dan harga.

Lalu lintas penggunaan
Anda juga harus menentukan jumlah rata-rata pengguna dan lalu lintas yang akan Anda tutup dengan karpet. Jika area tersebut memiliki banyak lalu lintas atau banyak orang yang melewati tempat itu, pilihlah karpet dengan pola karena akan lebih mudah untuk dirawat karena kotoran tidak mudah terlihat. Selain itu gunakan karpet yang terbuat dari bahan katun, nilon, poliester, rumput laut, sisal dan wol karena lebih tahan lama. Untuk area yang tidak terlalu padat, Anda bisa cara memilih karpet yang terbuat dari sutra, polypropylene dan goni.

Pilih jenis karpet
Jenis karpet misalnya karpet tradisional, karpet modern, karpet kontemporer dan jenis lainnya,. Pilih jenis yang sesuai dengan interior rumah Anda. Jika Anda memiliki interior modern, tentunya Anda akan memilih karpet modern.Cara Memilih Karpet ini sangat sederhana, pilihlah jenis karpet yang sesuai dengan gaya ruangan. Tapi hal ini tidak mutlak. Anda juga bisa bereksperimen dengan menggabungkan gaya karpet yang berbeda dengan gaya ruangan.

Perhatikan pengguna
Selain tips di atas, tips penting lainnya adalah selalu memikirkan para pengguna karena mereka akan terpengaruh dengan jenis serat karpet yang Anda pilih. Anda mungkin memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang menggunakannya. Pilihlah bahan yang tidak mengiritasi kulit. Selain itu, pastikan Anda selalu menjaga kebesihan karpet untuk menghindari alergi seperti asma terutama untuk anak-anak. Untuk Anda yang mempunyai hewan peliharaan, pilih bahan karpet yang memiliki serat yang kuat agar tidak mudah rusak.(tiperumahminimalis)


TAGS Cara Memilih Karpet Jasa cuci karpet jenis-jenis karpet


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post